Sabtu, 21 Maret 2009

Sejarah BOS 71

Pada pertengahan Juli 2008, sekumpulan murid kelas XI yang menyukai olahraga bulutangkis berkumpul untuk membicarakan tentang pendirian ekskul bulutangkis di SMAN 71. Para murid kelas XI ini sangat menyayangkan tidak adanya ekskul bulutangkis di SMAN 71, padahal bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga yang paling diminati di Indonesia dan memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi dunia olahraga Indonesia. Akhirnya para siswa ini sepakat untuk mendirikan ekskul bulutangkis di SMAN 71.

Maka dimulai dari hari itu juga dan berberapa hari seterusnya, para siswa tersebut yang diwakili Sebastian Adi Nugraha dan Julia Permata Edwita terus melobi pihak sekolah yang terdiri dari Bu Kadarwati, kepala sekolah saat itu, Pak Bambang P.S, dan Pak Wayan.

Akhirnya setelah melakukan pembicaraan dan diskusi selama berberapa hari, ekskul badminton diperbolehkan memulai latihannya pada tanggal 27 Juli 2008 dengan masa uji coba empat minggu. Saat itu angggota yang berhasil terkumpul adalah 72 siswa, sehingga ekskul ini menjadi ekskul dengan jumlah anggota terbanyak kedua di SMAN 71. Dan setelah masa ujicoba selama empat minggu, maka ekskul ini diresmikan oleh sekolah pada tanggal 24 Agustus 2008.

Awalnya lapangan yang dipakai ekskul ini hanya 1 lapangan. Pada bulan September, pihak sekolah menambah 1 lapangan lagi, sehingga lapangan yang dipakai sekarang ada 2 lapangan.

Pada tanggal 28 February 2009, eksul bulutangkis 71 memiliki pin sendiri. Pin tersebut sekaligus menandai ekskul baru ini memiliki nama yaitu "Badminton of Seventy One (BOS)" sebagai nama resmi ekskul ini.

Pada tanggal 8 Maret 2009, BOS memulai debutnya untuk tampil pada turnamen bergengsi "Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN)". Pemain-pemain yang diturunkan adalah: Muhammad Afary (single putra), Dini Ratnasari (single putri), pasangan Agung Putra dan Chintya Yunita Prameswari (ganda campuran). Namun sayang sekali langkah BOS 71 harus terhenti di babak awal turnamen saat melawan SMAN 59, dengan agregat 1-2.


Struktur Organisasi BOS 71 tahun pertama 2008/2009:

Ketua Umum : Sebastian Adi Nugraha
Wakil Ketua I : Hendri Prima (digantikan Muhammad Angga Febriano)
Wakil Ketua II : Dini Ratnasari
Sekretaris I : Julia Permata Edwita (digantikan Anggun Dyah Prameswari)
Sekretaris II : Anggun Dyah Prameswari (digantikan Kirana Kusumaputri)
Bendahara I : Chyntia Yunita Prameswari
Bendahara II : I Gusti Made Ardika
Koordinator Lapangan : M. Angga Febriano dan Nanda Elsada Putra
Humas : Salman Muslim Pratama, Zandy Nizwardhana, dan M. Afary

2 komentar: